Informasi dalam Genggaman
Green  

Untuk Si Kurus yang Mau Gemukkan Badan Ini Solusi Aman dan Alami

Foto by wayhomestudio/Freepik

DUNIAQU – Beberapa alasan membuat orang ingin menambah berat badannya. Bisa karena merasa tubuhnya sangat kurus dengan indeks massa tubuh < 18,5 Kg/m2 , atau ingin menambah massa otot agar penampilan atau citra diri bisa menjadi lebih baik.

Apapun alasan tersebut, menaikan berat badan sebaiknya tidak asal menambah porsi makan saja dan berujung pada konsumsi gula, garam, dan lemak yang berlebihan dari batasan konsumsi harian.

Jika begitu dikhawatirkan akan muncul masalah lain seperti penyakit diabetes, hipertensi, hingga penyakit jantung.

Dikutip dari Yankes Kemenkes RI, bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap peningkatan 100 kkal/hari konsumsi gula per kapita dikaitkan dengan peningkatan jumlah penderita diabetes sebesar 1,62%1.

Lantas bagaimana cara menambah berat badan dengan aman dan sesuaikan dengan kondisi kesehatan, ekonomi, sosial, dan kebiasaan makan sehari-hari.

Berikut ini tips dari Sinshe Abu Muhammad Faris Al Qiyanji yang merupakan seorang Akupunkturis Klasik dan seorang Sinshe lulus Uji Kompetensi yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga yang sudah terakreditasi, yakni Lembaga Pendidikan Kesehatan Tradisional Tionghoa Ikatan Naturopatis Indonesia.

Dalam video yang diunggah di Youtube oleh kanal IS STORE INDONESIA pada tanggal 6 September 2021, seseorang bertannya kepada Sinshe Abu Muhammad.

“Saya berusia 22 tahun. Berat badan saya sulit naik dan mentok di 40 kilogram. Dan turunnya sangat gampang. Setiap saya makan selalu ingin muntah. Saya sudah periksa ke Dokter dan hanya diberikan obat maag dan mual. Apa solusinya,” tanya orang tersebut melalui secarik kertas yang dibacakan Sinshe.

Orang yang bertanya ini sebenarnya agak unik. Sebab di saat orang banyak yang ingin menurunkan berat badan karena merasa badan terlalu gemuk atau obesitas, eh dia malah ingin menambah berat badan. Karena itu Sinshe pun menduga orang ini mungkin ingin tampil lebih berwibawa.

“Banyak orang pinginnya menurunkan berat badan. Ini pinginnya menaikkan berat badan. Berarti ingin wibawa ya kan. Orang kalo gemuk kan wibawa, kayak ibu Tin Suharto, Ibu Ani Yudhoyono kan gemuk tu wibawa ya,” ujar Sinshe Abu Muhammad dalam video tersebut.

Karena itu untuk menambah berat badan maka Sinshe pun memberikan resep yang bisa coba diminum orang tersebut.

Kata Sinshe sebenarnya ada beberapa obat yang sering digunakan untuk menggemukan badan. Diantaranya ialah daun pegagan, kunyit dan gula aren.

“Kalo gak tau pegagan; centella asiatica. Kalo gak tau centella asiatica; ji xie cao,” jelas Sinshe menerangkan nama lain dari daun pegagan.

Daun pegagan itu disiapkan sebanyak 1 genggam ditambah kunyit sebesar 1 jari.

“Kemudian direbus bersama gula aren secukupnya. Airnya 1 gelas sampai mendidih. Kemudian diminum. Ini biasanya cepat sekali naik berat badannya,” ujar Sinshe Abu Muhammad.

Jika sulit mendapatkan daung pegagan, maka menurut Sinshe kunyit saja bersama gula aren boleh dicoba.

“Kalau gak ada (daun pegagan, pen.), kunyit saja gak apa apa, bersama dengan gula aren. Ini lebih cepat menaikkan berat badan,” tutupnya menjawab pertanyaan tersebut.

Untuk diketahui bahwa Sinshe Abu Muhammad Faris Al Qiyanji ini adalah seorang pengasuh acara Solusi Sehat Alami dengan Pengobatan Klasik dan Thibbun Nabawi di Radio Rodja dan Rodja TV.

Di beberapa tempat Ia juga biasa mengisi kajian islami dengan topik kesehatan.

Sinshe Abu Muhammad Al-Qiyanji juga pernah mengukir prestasi yang cukup gemilang dalam bidangnya, sehingga pada tahun 2011 ditetapkan sebagai Tim Penguji untuk ujian kompetensi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia (dulu Ujian Negara) oleh Kementrian Pendidikan Nasional dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Pengobatan Ramuan Tradisional Indonesia.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *