Informasi dalam Genggaman
Green  

Cara Obati Sakit Menelan di Tenggorokan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustasi foto by wayhomestudio/Freepik

DUNIAQU – Yang perlu diketahui bahwa sakit tenggorokan saat menelan bukanlah kondisi gawat darurat yang mesti segera diperiksakan ke rumah sakit.

Kecuali sebelumnya anda menelan benda asing atau yang bersifat tajam seperti duri atau tulang sehingga ada kemungkinan benda itu tersangkut di tenggorokan. Atau ada gejala infeksi yang membahayakan, seperti epiglottitis, yakni infeksi pada tulang rawan di belakang lidah.

Akan tetapi ketika anda merasakan sakit tenggorokan saat menelan, tentu akan timbul ketidaknyamanan yang bisa berdampak panjang pada turunnya mood hingga produktivitas. Sebab, rasa sakit itu muncul tidak hanya ketika menelan makanan atau minuman, tapi juga air ludah.

Karena itu langkah utama mengatasi masalah tersebut adalah mencari cara mengobati sakit tenggorokan agar aktivitas kembali lancar.

Menurut salah satu artikel di laman Primaya Hospital, hampir semua kasus sakit tenggorokan saat menelan itu sebenarnya dapat hilang sendiri dalam beberapa hari.

Tapi ada juga cara untuk mendorong pemulihan itu agar lebih cepat, yaitu dengan banyak beristirahat dan melakukan sejumlah langkah, seperti hal nya meminum air hangat dan makan makanan hangat berkuah.

Hindari makanan, minuman, atau aktivitas yang bisa menambah rasa sakit di tenggorokan saat menelan, termasuk merokok.

Selain itu untuk tahu cara mengobati sakit tenggorokan saat menelan kita juga harus tahu dulu apa penyebabnya yang pasti, misalnya seperti :

1. Akibat cedera atau luka disebabkan makan atau minum sesuatu yang terlalu panas hingga bagian belakang tenggorokan terbakar dan makan makanan yang tajam seperti keripik.

2. Akibat infeksi virus atau bakteri di tenggorokan atau bagian lain di sekitarnya, termasuk telinga yang terhubung dengan tenggorokan, seperti flu biasa, tonsilitis, epiglottitis, dan radang tenggorokan.

3. Akibat infeksi jamur, misalnya sariawan
4. Akibat naiknya asam lambung, yakni GERD
5. Alergi
6. Sel kanker

Nah, untuk mengobatinya tergantung pada penyebabnya. Tapi secara umum, dilansir dari Primaya Hospital Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini sebagai pengobatan di rumah untuk meredakan ketidaknyamanan yang terasa saat menelan :

1. Berkumur air garam hangat kira-kita per 2 jam sekali
2. Minum air hangat, usahakan hanya air putih bukan kopi atau teh yang berkafein
3. Makan makanan berkuah hangat, seperti sup
4. Stop merokok dan hindari asap rokok
5. Istirahat yang cukup
6. Mandi dengan air hangat
7. Minum madu
8. Gunakan alat pelembap udara
9. Minum obat pereda nyeri seperti astaminofen atau ibuprofen

Jika tenggorokan masih terasa sakit saat dipakai untuk menelan setelah melakukan pengobatan sendiri itu, sebaiknya datangi dokter untuk berkonsultasi dan menjalani pemeriksaan.

Untuk kasus yang tidak serius, dokter biasanya hanya akan memberikan obat sesuai dengan hasil pemeriksaan. Bila pemicunya bakteri, misalnya, pasien akan mendapat antibiotik. Bila penyebabnya virus, antibiotik tidak akan mempan. Pasien mungkin hanya perlu meminum obat yang diresepkan dan banyak beristirahat untuk pemulihan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *