Informasi dalam Genggaman
Green  

Tak Sampai 1000 mg, Ini Dosis Vitamin C yang Direkomendasikan Dikonsumsi Setiap Hari

Foto Ilustrasi by Freepik./Freepik

DUNIAQU – Di tengah cuaca yang sering berubah-ubah, vitamin C diyakini dapat membantu memelihara dan menguatkan sistem imun tubuh. Vitamin larut air ini memang digunakan sel darah putih untuk melawan infeksi dan peradangan.

Selain itu, antioksidan di dalamnya dapat melindungi tubuh dari zat kimia berbahaya dan polusi udara. Dan konsumsi dalam dosis yang tepat juga dapat membuat kulit Anda menjadi nampak lebih segar dan terlihat lebih menawan.

Tapi bicara tentang kebutuhan vitamin C, Anda tentu harus tahu apakah dosis yang selama ini dikonsumsi sudah tepat atau justru berlebihan?

Berapakah dosis vitamin C yang ideal untuk orang dewasa dan untuk anak-anak? Berikut ini ulasannya.

Ketahuilah bahwa tubuh kita tak bisa menghasilkan sendiri vitamin C. Maka untuk mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, kita mesti mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya kandungan tersebut.

Misalnya buah-buahan atau sayuran. Bila perlu meminum suplemen vitamin C dengan dosis aman juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari.

Sebenarnya, vitamin C adalah zat yang sangat mudah didapatkan di sekitar karena banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan.

Jika diurutkan dari bahan makanan dengan kandungan vitamin C dari yang paling tinggi ke yang paling rendah, maka urutan pertama diduduki oleh buah jambu merah yang mengandung 165 miligram (mg) vitamin C.

Kemudian disusul oleh buah stroberi dengan 98 mg, pepaya dan paprika 95 mg, jus jeruk 60 mg, kale 53mg dan brokoli 50 mg.

Bagi balita dan anak-anak yang sudah bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan, mendapatkan asupan vitamin C yang cukup hanya dari aneka jenis makanan sangat mungkin dilakukan.

Namun ingat, orang dewasa yang memiliki kebutuhan vitamin C lebih banyak perlu mendapatkan sumber vitamin lainnya, yaitu dari suplemen makanan baik yang berbentuk cair, tablet telan, tablet kunyah maupun tablet larut air.

Adapun mengenai kebutuhan vitamin C harian setiap orang berbeda-beda, secara umum berdasarkan kelompok usia.

Dilansir dari Redoxon.co.id berikut ini uraian kebutuhan vitamin C berdasarkan usianya;

1. Usia 1-3 Tahun
Untuk balita di rentang usia 1 sampai 3 tahun, kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 40 miligram (mg).

2. Usia 4-9 Tahun
Sedangkan anak-anak pada kelompok usia 4 sampai 9 tahun membutuhkan 45 mg vitamin C setiap harinya.

3. Usia 10-12 Tahun
Saat bertambah usia menjadi 10 hingga 12 tahun, anak-anak membutuhkan 50 mg vitamin C.

4. Usia 13-15 Tahun
Beranjak remaja pada usia 13 sampai 15 tahun, kebutuhan vitamin C tidak hanya ditentukan oleh faktor usia namun juga jenis kelamin. Karenanya kebutuhan vitamin C bagi laki-laki di usia ini setiap harinya meningkat menjadi 75 mg, sedangkan untuk perempuan sebanyak 65 mg.

5. Dewasa-Lansia
Nah, ketika dewasa hingga lansia dosis konsumsi vitamin C per hari naik menjadi 90 mg untuk pria, dan 75 mg untuk wanita.

Sedangkan batas maksimum konsumsi vitamin C setiap harinya bagi orang dewasa, mengutip laman Promkes Kementrian Kesehatan RI yaitu tidak boleh lebih dari 2000 mg.

Dalam hal ini praktisi gizi juga menyepakati bahwa dosis harian yang disarankan adalah 45 miligram per hari. Sedangkan batas dosis yang masih dapat ditoleransi oleh tubuh sampai dengan 2000 miligram per hari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *